Back To Nature

Postingan kali ini murni dari hasil saya mendengarkan talk show di radio dan TV dan hasil diskusi dengan Ibu saya jadi mohon maaf sebelumnya kalo agak terkesan sok tahu dan ternyata salah😛

Setiap hari sabtu saya mengikuti pengajian di dekat rumah, dulunya kelompok saya ini terdiri dari gadis-gadis single yang cantik tapi seiring berjalannya waktu sekarang dah jadi pengajian Ibu-ibu dan anggotanya pun bertambah dengan hadirnya anak-anak kecil yang luchu-luchu😀

Saya baru memperhatikan perkembangan keponakan-keponakan saya itu baru-baru ini… Rata-rata umurnya itu 1 1/2 tahun tetapi mereka baru bisa berjalan belum ada yang bisa berbicara minimal mengucapkan 1 kata secara jelas dan penuh, lalu setelah sampai rumah saya bertanya pada ibu..

Bu dulu neng bisa jalan sama ngomong umur berapa tahun???? 

Berapa tahun??? berapa bulan gitu… dulu kamu 10 bulan bisa ngomong sama lari..  Jawab ibu saya

Wow, cukup kaget juga saya mendengarnya, secara anak-anak teman saya waktu 10 bulan belum pada bisa berdiri lalu saya pun mengutarakan hasil pengamatan saya ke ibu mengenai anak-anak teman-teman saya..

Lalu ibu bercerita kalau sewaktu hamil saya dulu ibu jarang meminum obat dari dokter kandungan, sebenarnya obat dari dokter kandungan itu kan hanya vitamin / suplemen tambahan untuk kebutuhan ibu hamil, tetapi ibu saya berusaha mencukupi kebutuhan asupan gizi dan mineral-mineral tambahan selama hamil dari bahan-bahan alami saja, contohnya sum-sum tulang untuk menambah kalsium, teri untuk zat besi dll..

Dan saya pernah mendengar di talk show kesehatan di radio bahwa terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan itu tidak baik untuk tubuh kita, karena bagaimanapun juga obat-obat yang diproses secara kimia di pabrik obat pasti sedikit banyak punya efek samping pada tubuh, kalaupun efek sampingnya sedikit tapi kalau dikonsumsi secara terus menerus efek samping yang sedikit itu kan bisa terakumulasi jadi banyak iya gak???

Dan menurut ibu saya perkembangan anak-anak yang ibunya saat hamil rutin mengkonsumsi obat-obatan lebih lambat dibanding anak-anak yang ibunya tidak rutin mengkonsumsi obat-obatan dari dokter dan sebagai penggantinya rajin mengkonsumsi makanan alami yang kaya manfaat..

Contohnya.. anak-anak teman-teman saya yang saya tahu saat mereka hamil mereka rutin mengkonsumsi vitamin dari dokter dan tetangga saya yang hanya periksa kalau ada keluhan saja selanjutnya check upnya menjelang persalinan saja anaknya waktu umur 1 1/2 tahun sudah bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas dan waktu berusia 2 tahun sudah bisa diajak ngobrol, tetapi walaupun tidak makan vitamin dari dokter asupan gizinya cukup..

Dan seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini semakin banyak penyakit-penyakit yang dulu gak ada atau jarang terjadi.. Contohnya anak autis, di talk show itu disebutkan kalau anak autis tidak boleh mengkonsumsi cemilan-cemilan yang berbahan dasar tepung terigu ( maap saya lupa alasannya :mrgreen:  ) awalnya saya dan ibu bingung secara semua cemilan yang berupa roti biskuit kan bahan dasarnya tepung terigu, jadi anak autis makan apa dong????

Tetapi setelah kami mengingat lagi bahwa ada kue-kue yang tidak berasal dari tepung terigu seperti gemblong ( ketan yang digoreng dengan lapisan gula merah ), serabi, kue cucur dan makanan-makanan tradisional lainnya..

Kembali lagi ke perkembangan anak, dengan banyaknya makanan instan buatan pabrik ibu-ibu jadi lebih suka memberikan makanan instan itu pada anaknya daripada membuat sendiri bubur sayuran atau nasi tim sayuran, padahal mungkin lambatnya perkembangan anak-anak salah satunya adalah makan instan itu karena bagaimanapun juga makanan alami lebih sedikti bahkan tidak ada efek sampingnya dari pada makanan buatan yang sudah ditambah bahan kimia..

Masih dari talk show yang sama narasumbernya juga membahas tentang gizi buruk yang terjadi di indonesia, narasumbernya ini adalah ahli gizi yang bekerja di rumah sakit umum di jakarta, dari kasus gizi buruk yang beliau tangani banyak diantaranya membuat beliau kesal.. kenapa???

Karena orang tua kasus gizi buruk yang beliau tangani bukan keluarga miskin-miskin amat kok, punya HP punya motor masa dibilang keluarga miskin????👿

Atau ibu dari anak korban gizi buruk masih bisa memakai kalung emas….

Jadi beliau menyimpulkan dalam kasus-kasus seperti itu masalah utamanya adalah orang tua yang malas memperhatiakn asupan gizi untuk anaknya, bukan karena mereka tidak mampu mencukupi asupan gizi untuk anak-anak mereka..

Makanya saya kasih judul Back To Nature, menjaga pola makan sehat yang cukup asupan gizi terutama untuk anak-anak kita, daripada kita harus menelan antibiotik yang dalam jangka panjang tidak baik untuk lever dan ginjal kita lebih baik mulai sekarang kita mencari tau manfaat-manfaat bahan alami yang ada di sekitar kita..

Mulai dari dapur deh, disana banyak bahan-bahan bermanfaat contohnya daun salam, kalau ada orang yang tekanan darahnya lagi tinggi suruh minum rebusan daun salam aja, ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi begitu yang saya dengan dari talk show mengenai metode pengobatan herbal…

Seperti yang saya bilang di awal posting, posting kali ini berasal dari hasil diskusi saya dengan ibu dan summary talk show kesehatan yang saya dengar yang isinya masih nempel di kepala saya ( sebagian udah ada yang lupa ) jadi tidak ada cantuman link sebagi referensi karena saya juga belum googling-googling untuk masalah ini..

hehehe sok tahu kan:mrgreen: jadi kalau ada yang mau menambahkan silahkan looohhh….

😀

4 Komentar »

  1. Zhar Aditya Said:

    Hmmm….

    Gue selalu mikir vitamin itu kayak pupuk kimiawi…
    Dan asupan bergizi itu seperti pupuk natural…

    Pupuk natural gak bakal ngebuat tanah jadi imbalance kandungan kimianya,,,sedangkan pupuk kimiawi bisa….

    Bukan berarti buruk untuk meminum vitamin…for example gue sekarang ini minum omega 3 (yg sebenernya natural juga karena diproduksi dari minyak ikan) karena emang omega 3 cuma didapet dari ikan dan gue gak makan ikan…

    Tapi It’s a fact kalo yang lebih natural itu lebih baik….

    Neng, banyak2in minum susu sama kacang ijo kalo gak salah….aku juga 10 tahun dah lari2 dan ngomong…hehehehe…

  2. mrsyusuf Said:

    @Zhar
    Iya, karena kadang dosis vitamin yang kita dapet dari makanan alami kurang untuk kebutuhan vitamin yang kita butuhin makanya perlu suplemen tambahan, gw juga minum minyak ikan sama kalsium karena walaupun gw makan ikan tapi omega 3nya gak nyampe 1000 mg dalam satu ekor ikan.
    Hoho… susu hamilnya dah gw stop zhar, gw ganti susu kedelai karena ada tanda-tanda overweight:mrgreen:
    Bubur kacang hijau selalu ada di menu cemilan gw hehehehe…
    Haaaaaaa….. 10 tahun!!!!!!! 😯

  3. ya betul
    seharusna kita kembali pada alam
    Karena jika tidak, maka kita sedang merusak diri dan generasi kita
    Dengan alasan modern dan praktis
    Dan akhirnya kita pun menyesal kelak🙂

  4. nova m Said:

    kita harus butuh makanan tambahan yang palik pokok sayuran dan buah-buahan


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: