Putih Bersinar??? Mau Dong!!!

Masih seputar masalah memutihkan kulit wajah….

Kemarin waktu di toilet, saya lihat temanku sedang mengoleskan sesuatu pada wajahnya, yang beberapa hari ini wajahnya berubah warna jadi merah gitu..

Trus saya tanya..

” Lagi perawatan yah? Pake apa? “

” RDL “

Seingat saya RDL ini mengandung hydroquinon dan mercury dalam jumlah tinggi, dan dulu pernah dilarang peredarannya, lalu saya bilang  sama teman saya..

” Ini bukannya dah gak boleh, kan ada mercurynya? “

” Hydroquinon aja, Tapi cuma 20%, lagian ini buatan Indonesia, yang gak boleh itu yang buatan china hydroquinonnya sampe 50% “

Lalu saya cuma bilang ” Ooooo… “

Trus nemu ini deh…

Berdasarkan hasil pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selama periode 2005 dan 2006 di beberapa provinsi ditemukan 27 merek kosmetik yang mengandung bahan terlarang, yaitu merkuri (Hg), hydroquinon lebih dari 2%, zat warna Rhodamin B dan merah.

Merkuri adalah logam berat berbahaya. Pemakaian dalam jumlah kecilpun dapat bersifat racun. Pemakaian merkuri dalam krim pemutih wajah bisa menimbulkan perubahan warna kulit, alergi, bintik hitam hingga iritasi.

Pemakaian merkuri dalam dosis tinggi, menurut BPOM, dapat menimbulkan kerusakan permanen otak, ginjal, gangguan perkembangan janin, diare hingga kerusakan paru-paru.

Selain merkuri, hydroquinon, termasuk obat keras yang pemakaiannya harus berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini membuat iritasi kulit, rasa terbakar, kelainan pada ginjal, kanker darah (leukimia) dan kanker sel hati.

Sedangkan bahan pewarna merah (rhodamin) yang biasa dicampurkan dalam lipstik dan pemerah pipi (blush on) merupakan zat pewarna sintetis yang biasanya dipergunakan untuk kertas, tekstil atau tinta. Penggunaan zat ini pada kosmetik dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan menjadi pemicu kanker.

Diambil dari sini :

http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/common/ptofriend.aspx?x=Health+News&y=cybermed%7C0%7C0%7C5%7C3554

Lebih dari 2% aja dah bahaya, tapi teman saya bilang RDL sekarang udah aman karena hydroquinonnya CUMA 20%…

Wadoh… Wadohh….

Oiya, RDL ini satu setnya Rp.40.000 satu set terdiri dari cream malam, cream siang, sabun, satu lagi saya lupa Hehe.. maaf..

Masih dari situs yang sama :

Penggunaan dua zat kimia itu dalam kosmetik seringkali dilakukan oleh produsen karena cepat menampakkan hasil bagi pemakainya.

Menurut Titi Moertolo, dokter spesialis kulit & kelamin, kebiasaan masyarakat yang menyukai hasil yang instan telah dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab dengan memperjualbelikan kosmetik beracun.

“Kebiasaan kita menyukai yang dramatis, seperti wajah putih cepat, kinclong telah melanda masyarakat. Padahal, itu salah,” paparnya.

Ho.. Ho.. memang itu, selain murah RDL ini memang cepat kelihatan hasilnya, maksudnya wajah si pemakai akan lansung terlihat bersih Cling kaya porselen.. dengan efek samping memerah kaya kepiting rebus kalo terkena sinar matahari dan dalam proses perawatannya si pemakai harus rela, kulitnya iritasi karena proses pengelupasan…

Ada sih, kosmetik perawatan wajah yang lebih mahal, yang KATANYA gak pake mercury dan hydroquinon, dan gak ada proses pengelupasan… Itu kata iklannya..

Dan menurut iklannya juga produk ini memang bukan memutihkan tapi mencerahkan alias membersihkan kulit wajah..

Tapi kata temanku yang pake produks ini, produk ini cuma mahal aja hasilnya gak ada…

Kalo menurut saya, mungkin karena produk yang mahal ini memang prosesnya gak secepat RDL, dan hasil akhirnya bukan jadi putih porselen tapi hanya membersihkan noda dan itu juga gak terlalu terlihat bedanya memang…

Hmmm… saya jadi berfikir kenapa para wanita-wanita ini sangat ingin menjadi cantik????

Cantik dalam standard iklan alias Putih, kurus, rambut lurus…

Penyebabnya tidak lain tidak bukan ya, masyarakat kita sendiri…

Makin cantik seseorang, makin banyak teman, makin sering dipanggil-panggil namanya, makin terkenal dst…

Saya bisa menarik kesimpulan seperti ini, karena hal seperti ini pernah saya alami waktu jaman es-em-a dulu, saya sekelas dan sebangku dengan wanita cantik keturunan belanda, dan saya sekelas dengan wanita yang disebut betty Lafea-nya es-em-a saya dulu ( cuma kawat giginya aja sih yang mirip ), anggap saja namanya Mawar ( gak enak nyebut Betty lafea ) :(

Sudah terbayang pasti mana yang punya pacar teman lebih banyak..

Saya sendiri sebangku dengan Indo belanda ini karena kami kenal dari MOS ( Masa Orientasi Siswa )

Tapi dengan Mawar ini saya sekelas 3 tahun hehe..

 Mawar ini anaknya Baik, cukup pintar, suka bulu tangkis…

Bukan kami ( saya dan teman-teman ) yang tidak mau berteman dengan mawar, tapi anak ini yang menjauhkan diri dari masyarakat sekelas…

Minder itu yang saya tangkap dari ke-introvert-annya…

Dia tidak putih dan berwajah indo seperti teman sebangku saya, jadi mungkin dia merasa bahwa dia tidak bisa berbaur dengan yang lain…

Fiuuhh.. panjang juga yah???

Yah…. akhir kata ( udah kaya pidato :P ) menurut saya wanita-wanita ingin jadi cantik itu tak lain agar mendapat perhatian dari lingkungan sekitarnya..

Ps: Saya sih the Invisible One dalam komunitas, ada atau tidak ada saya gak ngaruh :mrgreen: alias biasa ajah!!! tapi saya suka, karena saya tidak suka jadi pusat perhatian hehehe… :lol:

13 Komentar »

  1. caplang™ Said:

    betty lafea kan sebenernya cantik
    apalagi kalo udah buka kacamata n iket rambutnya
    ternyata masih inget jalan ceritanya :P

  2. mrsyusuf Said:

    @ caplang

    Fufufu.. ternyata penggemar telenovela ya pak??? :D

  3. zhar aditya Said:

    “mirror mirror on the wall, who’s the fairest of them all” >> Bahkan orang bule jaman dulu sudah berpikir bahwa semakin fair (semakin putih) semakin cantik juga seseorang…

    Btw, RDL itu…
    Jadi, ceritanya gini…
    Sampe tahun ini barulah diajukan 2% hydroquinone itu gak boleh….tapi sebelumnya, bahkan beberapa produk obat over the counter boleh lebih dari 2%…salah satunya produk buatan philipine (RDL buatan philipine) ini….

    Melanox for example…juga pake hydroquinone tapi cuma 2%…Tapi ini masalah regulasi aja seh….

    Let’s say mercury, sepanjang abad 17 banyak orang beranggapan bahwa mercury ini penyembuh banyak hal….Hell, bahkan kmaren gue ke medan…Gue ngomong tentang mercury ada kok yang makan mercury…

    Katanya, “mercury akan menyembuhkan ketika seseorang terluka”…Well, ini jelas teori abad 17 ketika mereka pertama kali menemukan quicksilver (nama lain mercury)….hahahaha….

    Sampe abad akhir2 ini lah baru mercury dilarang penggunaannya….Gue sendiri bingung kenapa hydroquinone dilarang di Indonesia….Masalah, karena adanya “kemungkinan” masalah ginjal dan liver?…Well, kalo itu masalahnya lebih baik hentikan penjualan “paracetamol” yang gak terlalu banyak berguna karena sifatnya hanya pain killer tapi merusak fungsi kidneynya sangat berbahaya kalo dimakan overdosis karena pusingnya gak ilang…atau adanya kemungkinan penyebab skin cancer? Hell, bahkan fluoride yang kita pake di pasta gigi pun merupakan salah satu carcinogen…Seharusnya pasta gigi berfluoride dulu yang di banned….

    Anyway, mo pake apa tserah lo aja dah….
    Tapi inget…
    Apa yang lo pake saat ini…e.g mercury
    apa yang lo hirup saat ini…e.g timbal solar
    Mempengaruhi keturunan lo dimasa depan….

    At your own risk…

  4. zhar aditya Said:

    Ah, btw…

    Sepanjang 4 tahun terakhir gue mikirin…

    Kenapa seh orang biasa-biasa aja dan jelek biasanya pinter dan orang ganteng/cantik itu biasanya bodo…

    Gue sampe berpikir, apa ada urusannya ama protein…dimana protein buat otak kepake buat badan atau bentuk muka….tapi gue salah….

    Hari ini gue nemu jawabannya di artikel orang lain….

    Jawabannya adalah karena…

    Orang ganteng terlalu sibuk dengan orang lain sehingga lupa mengembangkan diri….

    Dan orang biasa aja dan jelek tidak dapat sibuk dengan orang lain karena mereka tidak populer dan akibatnya mereka mengembangkan diri karena gak ada kerjaan lain….

    Bersyukurlah karena jelek…
    Bersyukurlah karena ganteng…

    Orang ganteng seneng duluan karena populer…tapi bakalan menderita belakangan karena jadi bodoh…sedangkan orang jelek bakal menderita duluan baru seneng belakangan karena akhirnya populer….

    PS:
    Cuma ABG yang liat ganteng dan cantik sebagai tolak ukur paling besar…

    Dan banyak banget di muka bumi ini yang otaknya gak jauh beda ama ABG…meski dah sangat berumur….

  5. mrsyusuf Said:

    @ Zhar Aditya
    Wew, Zhar is Back!!!
    Gimana medan??? sempet jalan-jalan gak? di kampung keling banyak makanan enak tuh Shishishi….
    Makanya gw bingung, orang-orang yang maunya efek cepet ini gak tahu tentang efek jangka panjang dari produk yang mereka pakai atau emang gak peduli sama dampak yang bakal ditimbulkan nantinya :?:
    Itulah yang gw bilang, penyebab dari “standard” ini adalah masyarakat yang berpola pikir ABG

  6. vani Said:

    adekah produk rdl sesuai untuk perawatan muka,dan apakah kesan yang diperolehi……

  7. mrsyusuf Said:

    @ Vani
    Menurut saya RDL tidak sesuai untuk perawatan muka karena peredarannya sempat dilarang karena mengandung bahan-bhan berbahaya.
    Kesan yang akan kita peroleh adalah muka yang putih seperti porselen, tetapi akan merah seperti terbakar saat terkena sinar matahari

  8. Efi afaroh Said:

    Aq krng tau psti kandngan n blh tdknya dpakai. Krn brita yg bredar yg simpang siur, trakhir aq dgr ktnya hidroquinon aman n tdk brbhahaya asl dgn dosis yg tdk berlebihan. Aq sndri sdh hmpir 5 thn mggunakan tp tdk ad mslh sm skali. Cm ya namanya perawatan klo d hentikan hslnya jd krng memuaskan. Ada tanggapan/pndpt yg laen?

  9. miozz Said:

    klo denger ada pengaruh buruk kan takut juga,.Soalnya aku da lm pake produk RDL bahkan ampe skrg.emang sich d kulit jadi bagus,tp klo dgr ada efeknya takut juga kan,apa lagi ampe mematikan.jd apa nih produk yg bgus n yg tidak mengandung mercury n hydroquinone.plzz donk masukannya..d tunggu ya… maturnuwon…

  10. Nadine Said:

    klo aq sch blon prnh tuch pke prodak2 yg brbhan brbhya gtu tp klo dnger yg kya gu sch srem jg y…….
    pa lg kt pngen nya tuch wjh yg smpurna

  11. akoe Said:

    masa

  12. wie... Said:

    truz carana putih piye dunk….

  13. mrsyusuf Said:

    Sebelumnya saya mohon aaf kalo bisa menjawab komen anda sekarang..
    @Efi
    Betul.. aman dengan dosis tertentu, masalahnya ada bberapa produks yang kandungan Hydroquinonnya jauh dia atas batas yang dibolehkan, bahan-bahan seperti ini efeknya jangka panjang loh jeng.. efeknya macam-macam dari infertility sampai menyebabkan cacat pada bayi maaf ya bukan nakut-nakutin tapi ada kasusnya loh..

    @ miozz
    memang kelihatan bagus sih jeng, tapi gak kasian sama kulitnya? produk-produk kaya gitu sifatnya kan mengelupaskan kulit kita, kulit kita jadi tipis jadinya gampang merah kalo kena sinar matahari.. Saya gak tahu produk yang bagus ( lagian saya kan bukan penjual produksi kecantikan loh.. :P ) lebih teliti aja klo beli produk lihat kandungannya gitu jeng..

    @ Nadine
    Wajah kamu pasti udah sempurna kan? ada matanya, ada hidungnya, dan semuanya berfungsi dengan baik kan? hehehehe ;)

    @ wie
    putih itu gak selalu cantik loh wie.. yang penting kita bisa selalu bersih apapun warna kulit kita, kalo kulitnya putih tapi BB dan kumel apa keliatan cantik? jangan pengen putih yang penting bersih.. kalo pengen putih nanti kaya Jacko lagi.. ;)


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: